sa

Selamat datang di WeBlog Imaduddin.B, Amd.AK

Senin, 15 Juni 2009

Kuliah Analis Kesehatan

Analis Kesehatan merupakan eseorang yang mempunyai profesi melaksanakan pemeriksaan sampel atau bahan pemeriksaan yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Sampel yang diperiksa oleh analis kesehatan bisa berasal dari dalam tubuh manusia seperti : darah, urin, dahak (sputum), faeses, dan bisa juga berasal luar tubuh manusia, seperti : makanan, minuman, lingkungan(air, tanah, udara) dan lain-lain. Hasil pemeriksaan oleh analis kesehatan dapat mengetahui kondisis kesehatan seseorang dan merupakan bahan informasi untuk tindak pencegahan maupun pengobatan terhadap gangguan kesehatan.(AAK Bakti Asih)

Seiring dengan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan semakin meningkat, banyak didirikan fasilitas kesehatan, khususnya laboratorium kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan yang banyak membutuhkan tenaga analis kesehatan.

Bakti Asih.com) Beberapa pelajaran yang sangat penting bagi calon analis kesehatan seperti Bakteriologi, Kimia Klinik, Hematologi, dll. Namun ada juga pelajaran – pelajaran seperti pada semester I ialah Pendidikan Rohani, Fisika, Matematik, Statistik dll merupakan refres mata kuliah ketika SMA.

Kesehatan merupakan suatu patokan yang sangat penting, sehingga kita sebagai calon analis harus sering lagi membaca dan menambah wawasan tentang dunia kesehatan terutama pada prinsip – prinsip pemeriksaannya seperti yang dilakukan oleh seorang analis.

Analis kesehatan sebetulnya seseorang yang sedang dipersiapkan dalam sebuah dunia medis terutama pada laboratorium klinik dan Rumah sakit, namun kurikulum seperti Kimia Air, Makanan dan Minuman, Quality Control, Bakteriologi atau mikrobiologi, dll yang di terapkan di akademi analis kesehatan tidak hanya mempelajari dunia medis, seorang analis kesehatan dapat juga berperan sebagai tenaga laboratorium lainnya.

Semoga catatan ini dapat membuka wawasan kerja tentang dunia analis kesehatan, adapun penulis mengharapkan kritik dan sarannya untuk memotifasi segenap para analis kesehatan ataupun mengkoreksi kesalahan – kesalahan pada tulisan ini.

Kritik dan saran dapat di kirim melalui e mail imadanalis@gmail.com dapat juga mengisi komentar pada artikel ini.

Bravo ANALIS KESEHATAN

6 komentar:

feri mengatakan...

sekolah analis kesehatan masih sedikit....
di Indonesia total baru adan 30an...
di Banddung baru ada 4:
1. Poltekkes Bandung
2. Bakti Asih
3. Stikes ahmad yani
4. Stikes Rajawali

Kampus analis kesehatan yang swasta umurnya masih sangat muda(thn 2000an), cuma An.kes Bandung yg udh ada dr tahun 1984.
Jadi diagnosa kesehatan sebelum 1984 gimana ya??? Tahun 80-90an pun kampus analis kesehatan masih sangat sedikit..bahkan sampai sekarang....

-Saya sendiri mhswa tk1 analis kesehatan poltekkes bandung-

techno and mobile mengatakan...

Q mhsiswa tk1 an.kes poltekkes palembang..
Di plg keadaannya jg sma aj hnya ad 4 institusi yg mnyelnggarakan pndi2kan
an.kes..

Slam ya bwt analis bndung, insyaAllah D4 ntar q ksn..
Aminn

imad mengatakan...

wah Feri hebat ya sampai tahu sekolahan analis se Indonesia, saya aja baru tahu nih, hehehehe....

Setau saya Kurikullum ke analisan terus mendapat revisi sesuai tuntutan zaman, namun saya mengkhawatirkan jika materi khusus seorang Analis mulai di minimalkan.

Techno, S1 juga ada tapi masih swasta.. ea di tunggu di Bandung ya...
salam juga buat analis di palembang

hasan arajak A.R mengatakan...

Salam Kenal,Sy mahasiswa Analis kesehatan tK II di makassar,mmang bnar mahasiswa ANAKES diindonesia msih minim,apalgi di bagian timur indonesia...
Mas bro mnta dong referensi tentang Analis Kesehatan..

Elya mengatakan...

Asyik gk kuliah di Analisis Kesehatan ???

nadia arzilla mengatakan...

Haaaii :)
Saya dari Akademi Analis Kesehatan dari kota Banda Aceh , disini baru ada 1 unit kampusnya wkk

Salam kenal yaaaaaa...